Akhirnya 18 tim memastikan diri berlaga di Indonesia Super League musim depan, tim terakhir yang lolos ialah Persebaya Surabaya setelah pada babak play off tanggal 30 Juni kemarin menang atas PSMS Medan melalui drama adu penalti dengan skor 7-6.

Final dari ISL musim ini sepertinya layak dicapkan pada laga play off yang berlangsung di Stadion Siliwangi, Bandung. Sebab di stadion yang berkapasitas 25.000 penonton tersebut terjadi duel bertajuk ”The Battle of Green”, mengapa? Karena tim yang berlaga dibabak play off tersebut memang terkenal dengan warna hijaunya yang menjadi warna kebanggan dari PSMS dan Persebaya.

Pertandingan berjalan menarik sejak peluit babak pertama dibunyikan, pada 10 menit pertama Persebaya melakukan pressing kepada PSMS Medan, beberapa peluang tercipta namun belum berbuah gol. Sesudah berakhirnya gempuran anak-anak Bajul Ijo, PSMS mencoba menekan balik Persebaya, hasil serupa juga didapat tim Ayam Kinantan, hingga akhirnya pada menit ke 32 bek Persebaya, Bobby Satria melakukan Hands ball di kotak 16 dan berbuah penalti bagi PSMS, Leonardo Martin Zada yang menjadi eksekutor sukses menjaringkan bola di gawang Endra Prasetya.

Pada babak kedua terjadi jual beli serangan antara kedua tim, petaka muncul bagi kubu PSMS Medan saat laga bersisa 3 menit, petaka itu dibuat oleh Fadly Hariri yang hands ball di kotak terlarang, eksekusi Jairon berhasil memperdaya Galih Sudaryono, skor pun imbang 1-1 hingga akhir pertandingan. Extra time pun dilaksanakan, PSMS mendapat banyak peluang pada babak pertama maupun kedua, namun nasib sepertinya belum berpihak pada tim asal kota Medan tersebut hingga harus diadakan babak adu penalti.

Babak adu tendangan penalti pun dimulai, tendangan pertama dari kedua tim masing-masing dari Zada dari PSMS dan Batoum Roger dari Persebaya tidak berbuah gol, berbeda dengan 4 penendang berikutnya dari kedua tim berhasil memasukkan bola ke jala Endra dan Galih, 1 penendang tambahan dari kedua tim juga berhasil melakukan tugas dengan baik, sepertinya nasib memang tak berpihak pada PSMS, algojo terakhir mereka Okto Maniani gagal memasukan bola ke gawang sebaliknya eksekutor terakhir Persebaya berhasil memasukan bola ke gawang PSMS, Persebaya menang 7-6 dan lolos ke ISL sementara PSMS harus turun menuju kasta Divisi Utama.

Berikut daftar tim yang akan berlaga di Indonesia Super League 2009/2010:

  1. Persipura
  2. Persiwa
  3. Persib
  4. Persik
  5. Sriwijaya FC
  6. Persela
  7. Persija
  8. PSM
  9. Pelita Jaya
  10. Arema
  11. Persijap
  12. Persiba
  13. PKT
  14. Persitara
  15. Persisam
  16. Persema
  17. PSPS dan
  18. Persebaya